skip to main content

Pengertian Customer Relationship Management Adalah .......

Ditulis Oleh Pada


Jika Anda adalah pemilik bisnis atau manajer penjualan, Anda mungkin pernah mendengar istilah "CRM." Tapi apa pengertian customer relationship management ? pengertian customer relationship management adalah.....??? Mari kita simak definisinya dibawah ini :

Customer relationship management adalah sistem yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola hubungan bisnis dan data dan informasi yang terkait dengan mereka.Dengan CRM, Anda dapat menyimpan pelanggan dan kontak prospek informasi, rekening, memimpin dan peluang penjualan di satu lokasi pusat, idealnya di awan sehingga informasi dapat diakses oleh banyak orang, secara real time.

pengertian customer relationship management adalah
image source : http://www.picclaim.com.sg

Customer relationship management adalah istilah yang mengacu pada praktek, strategi dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan menganalisis interaksi pelanggan dan data di seluruh siklus hidup pelanggan, dengan tujuan meningkatkan hubungan bisnis dengan pelanggan, membantu dalam retensi pelanggan dan mendorong penjualan pertumbuhan. Sistem CRM dirancang untuk mengumpulkan informasi pada pelanggan di seluruh saluran yang berbeda - atau titik kontak antara pelanggan dan perusahaan - yang dapat mencakup website perusahaan, telepon, live chat, direct mail, materi pemasaran dan media sosial. Sistem CRM juga dapat memberikan informasi rinci staf menghadapi pelanggan pada informasi pribadi pelanggan, membeli sejarah, membeli preferensi dan kekhawatiran.

Sementara sistem CRM mungkin tidak menimbulkan banyak antusiasme hari ini sebagai platform jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, sistem CRM juga sama dibangun di sekitar orang-orang dan hubungan. Dan itulah mengapa bisa begitu berharga untuk bisnis yang berkembang pesat.

Setiap bisnis dimulai dengan dasar hubungan pelanggan besar. Anda, penjual, terhubung dengan orang-orang yang membutuhkan produk Anda. Namun, sebagai perusahaan Anda tumbuh, hubungan bisnis ini tumbuh lebih canggih. Ini bukan hanya transaksi antara pembeli dan penjual. Anda mulai untuk mengelola segudang koneksi, di waktu, dalam setiap perusahaan Anda melakukan bisnis dengan. Anda perlu berbagi informasi di berbagai tim dalam organisasi Anda sendiri yang melakukan kontak dengan pelanggan yang sama. Sebuah sistem CRM dapat berfungsi sebagai pusat saraf yang vital untuk mengelola banyak koneksi yang terjadi dalam bisnis yang berkembang.

Untuk usaha kecil, sistem CRM mungkin hanya membantu Anda menempatkan data Anda di awan, sehingga dapat diakses secara real time, di perangkat apapun. Tapi seperti Anda tumbuh, CRM cepat dapat memperluas untuk menyertakan fitur yang lebih canggih untuk membantu tim berkolaborasi dengan kolega dan pelanggan, mengirim email disesuaikan, mengumpulkan wawasan dari percakapan media sosial, dan mendapatkan gambaran holistik kesehatan bisnis Anda secara real time.

Demikianlah informasi mengenai  definisi atau pengertian customer relationship management . Semoga bermanfaat !!
×