skip to main content

Memahami Kebijakan Sideloading Android Oreo yang baru

Ditulis Oleh Pada


Kebijakan Sideloading Android Oreo 1

Kebijakan Sideloading Android Oreo - Dalam versi Android sejauh yang diingat oleh pikiran, aplikasi yang tidak ditemukan di Play Store dapat secara universal "dibebankan" dengan mencentang satu kotak di menu Keamanan perangkat. Dengan Oreo, itu berubah.
Bagaimana Sideloading Bekerja Sebelum

Di versi Android sebelumnya, jika Anda ingin memasang aplikasi yang tidak ditemukan di Play Store-tindakan yang disebut "sideloading" -Anda harus beralih ke menu Settings> Security dan mengaktifkan fitur yang disebut "Unknown Sources." Ini pada dasarnya diceritakan telepon untuk mengabaikan protokol keamanan yang dipasang di tempat untuk aplikasi di luar saluran resmi dan teruskan dan membiarkannya diinstal.

Kebijakan Sideloading Android Oreo 2

ini adalah fitur yang sangat baik untuk sejumlah alasan. Hal ini memungkinkan pengembang untuk merilis aplikasi mereka untuk pengujian di luar Play Store. Ini memberi pengguna kontrol untuk memperbarui aplikasi secara manual sebelum pembaruan tersedia secara resmi di handset mereka. Untuk sebagian besar, itu hal yang baik.

Tapi seperti kebanyakan hal yang inheren bagus, ada sisi gelap. Mengaktifkan fitur ini membuka pintu bagi virus dan bentuk perangkat lunak berbahaya lainnya untuk masuk ke ponsel. Misalnya, beberapa ancaman terbesar terhadap Android adalah dengan aplikasi yang dapat menginstal sendiri secara langsung dari pesan SMS tanpa interaksi dari pengguna. Itu menakutkan.
Bagaimana Sideloading Telah Berubah di Oreo

Jadi, dengan Oreo, Google memutuskan untuk mengubah bagaimana fitur Unknown Source berfungsi. Alih-alih menjadi toggle sederhana yang memungkinkan aplikasi untuk mendownload dan menginstal aplikasi pihak ketiga, fitur ini sekarang diaktifkan secara per-app. Ini sangat cerdas.

Sebagai contoh, saya secara pribadi sering melakukan aplikasi sideload yang telah saya download dari APKMirror. Karena semua ini diunduh melalui browser default saya-Chrome Beta-saya hanya bisa mengizinkan aplikasi itu untuk menginstal perangkat lunak. Itu berarti APK (Paket Perangkat Android) yang saya unduh menggunakan Chrome Beta diizinkan untuk melewati setelan keamanan Android (dan dengan ekstensi, Google Play Protect), namun jika saya mencoba hal yang sama menggunakan peramban lain-bahkan versi Chrome lainnya- instalasi ini akan diblokir Saya yakin Anda sudah bisa melihat bagaimana ini bermanfaat.

Contoh bagus lainnya adalah Amazon Underground. Inilah Amazon's Shopping-slash-Appstore semuanya dalam satu paket. Google tidak mengizinkan appstores untuk dipasang dari Google Play, jadi Amazon AppStore tidak dapat didownload langsung dari Play Store. Amazon menemukan cara untuk menghindari pembatasan ini dengan menawarkan aplikasi Underground sebagai unduhan gratis dari web. Dengan aplikasi Underground, pengguna dapat menginstal apapun yang tersedia di AppStore Amazon.

Kebijakan Sideloading Android Oreo 3

Kebijakan Sideloading Android Oreo 4

Jadi, semua yang mengatakan, ini adalah di mana kebijakan sideloading baru benar-benar bermanfaat. Secara historis, pengguna yang menggunakan Appstore Amazon telah membiarkan opsi "Sumber Tidak Dikenal" diaktifkan setiap saat sehingga aplikasi dapat dipasang atau diperbarui dengan mudah. Namun, di Oreo, pemasangan sumber yang tidak diketahui dapat diaktifkan untuk aplikasi Amazon Underground. Ini akan memungkinkan aplikasi dipasang sesuai kebutuhan, namun jaga agar sisa sistem tetap aman. Ini adalah kompromi yang brilian.

Cara Mengakses Setelan Sideloading Android yang Baru

Sekarang Anda tahu apa yang berubah dan mengapa, mari kita bicara tentang di mana Anda dapat menemukan setelan baru ini.

Pertama, beri notifikasi ketukan tunda dan ketuk ikon roda gigi untuk masuk ke menu Settings.

Kebijakan Sideloading Android Oreo 5

Dari sana, ketuk Apps & Notifications, kemudian perluas menu dropdown Advanced.

Kebijakan Sideloading Android Oreo 6

Kebijakan Sideloading Android Oreo 7

Pilih Special App Access, lalu "Install Unknown Apps" dari bagian paling bawah menu ini.

Kebijakan Sideloading Android Oreo 8

Kebijakan Sideloading Android Oreo 9

Pilih aplikasi yang ingin dibolehkan sideloading, lalu ketuk toggle untuk mengaktifkan fitur ini.

Kebijakan Sideloading Android Oreo 10

Kebijakan Sideloading Android Oreo 11

Selesai dan selesai
×