skip to main content

10 Super Komputer Tercepat Dan Tercanggih Di Dunia Saat Ini 2019

Ditulis Oleh Pada


Menurut daftar super komputer tercepat dan tercanggih di dunia peringkat 50 besar di website top500 membuat China menyalip AS dalam jumlah total sistem peringkat dengan selisih 202 sampai 143. Ini adalah jumlah super komputer terbesar yang pernah diklaim China di peringkat TOP500, dengan AS. Kehadiran menyusut ke level terendah sejak awal daftar 25 tahun yang lalu.

Enam bulan yang lalu, AS memimpin 169 sistem, dengan China masuk pada 160. Meskipun ada pembalikan, 143 sistem yang diklaim oleh AS memberi mereka tempat kedua yang solid, dengan Jepang di tempat ketiga dengan 35, diikuti oleh Jerman dengan 20, Perancis dengan 18, dan Inggris dengan 15.

Baca juga : Laptop termahal di dunia seharga puluhan milyar

China juga berhasil mengalahkan AS dalam performa agregat. Negara adidaya Asia sekarang mengklaim 35,4 persen rangking TOP500, dengan AS berada di posisi kedua dengan 29,6 persen.

Berikut ini adalah daftar serta wujud dari 10 super komputer tercepat di dunia hingga saat ini tahun 2019


1. Sunway TaihuLight


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini sunway taihulight

Sunway TaihuLight adalah sebuah superkomputer Cina yang, pada November 2016, berada di peringkat nomor satu dalam daftar TOP500 sebagai superkomputer tercepat di dunia, dengan peringkat benchmark LINPACK sebesar 93 petaflops. Kecepatan pemrosesan ini hampir tiga kali lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya, yaitu Tianhe-2, yang berlari di 34 petaflops.

Catatan : Petaflop adalah ukuran kecepatan pemrosesan komputer

Pada Juni 2016, sunway taihulight ini juga menduduki peringkat keempat superkomputer hemat energi nomor empat di Green500, dengan efisiensi 6.051,30 MFLOPS / W. Super komputer ini dirancang oleh National Research Center of Parallel Computer Engineering & Technology (NRCPC) dan berlokasi di National Supercomputing Center di Wuxi di kota Wuxi, di provinsi Jiangsu, China.

Super komputer sunway taihulight ini mempertahankan peringkat nomor satu untuk keempat kalinya, dengan merek High Performance Linpack (HPL) dengan kecepatan 93.01 petaflops tepatnya.

2. Tianhe-2 (MilkyWay-2)


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini tianhe-2

Tianhe-2 atau TH-2 (bahasa China: 天河 -2; pinyin: tiānhé-èr; secara harfiah: "Heavenriver-2", yaitu "Milky Way 2") adalah superkomputer dengan kecepatan pemrosesan 33.86 petaflop yang terletak di National Supercomputer Center di Guangzhou . Ini dikembangkan oleh sebuah tim yang terdiri dari 1.300 ilmuwan dan insinyur.

Ini adalah superkomputer tercepat di dunia menurut daftar TOP500 untuk bulan Juni 2013, November 2013, Juni 2014, November 2014, Juni 2015, dan November 2015. Rekor tersebut telah dilampaui pada Juni 2016 oleh Sunway TaihuLight. Pada tahun 2015, rencana Universitas Sun Yat-sen bekerja sama dengan pemerintah distrik dan kota Guangzhou untuk melipatgandakan kapasitas komputasi dihentikan oleh penolakan pemerintah AS terhadap aplikasi Intel untuk lisensi ekspor untuk papan CPU dan coprocessor.

Sebagai tanggapan atas sanksi AS, China memperkenalkan superkomputer Sunway TaihuLight pada tahun 2016, yang secara substansial berhasil mengungguli Tianhe-2, dan sekarang memegang predikat sebagai superkomputer tercepat di dunia saat menggunakan teknologi dalam negeri sepenuhnya termasuk mikroprosesor Sunway manycore.super komputer tianhe-2 ini berada di posisi urutan yang ke dengan kecepatan 33,86 petaflops.

3. Piz Daint


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini piz daint

Piz Daint adalah sebuah superkomputer di Swiss National Supercomputing Center di lugano swiss, dinamai sama dengan nama gunung yaitu gunung Piz Daint di Pegunungan Alpen Swiss.

Super komputer ini berada di peringkat 8 pada peringkat TOP500 superkomputer hingga akhir 2016, lebih tinggi dari komputer super lain di Eropa. Pada akhir 2016, kinerja komputasi Piz Daint meningkat tiga kali lipat menjadi 25 petaflops; Dengan demikian menjadi superkomputer paling kuat ketiga di dunia, setelah Sunway TaihuLight dan Tianhe-2.

Baca juga : Nama orang terpanjang di dunia hingga 764 Huruf

Sistem Piz Daint Cray XC30 asli dipasang pada bulan Desember 2012. Sistem ini diperpanjang dengan Piz Dora, Cray XC40 dengan 1256 node, pada tahun 2013. Pada bulan November 2016, Piz Daint dan Piz Dora ditingkatkan dan digabungkan menjadi XC50 / Sistem XC40 yang menampilkan GPU Nvidia Tesla P100. Menurut situs TOP500, sistem baru ini adalah "supercomputer hemat energi kedua" dalam daftar mereka, di belakang sistem Nvidia yang juga menggunakan GPU P100.

Super komputer Piz Daint ini berada di posisi peringkat nomor tiga dengan kecepatan pemrosesan data sebesar 19,59 petaflops, menegaskan kembali statusnya sebagai superkomputer paling kuat di Eropa. Piz Daint diupgrade tahun lalu dengan NVIDIA Tesla P100 GPU, yang menggandakan lebih dari dua kali lipat kinerja HPL-nya 9,77 petaflops.

4. Gyoukou


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini gyoukou

Sistem nomor empat yang baru adalah superkomputer Gyoukou yang telah diupgrade, sistem ZettaScaler-2.2 yang ditempatkan di Badan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan Jepang, yang merupakan rumah Simulator Bumi.

Gyoukou berhasil mencapai hasil HPL sebesar 19,14 petaflops. menggunakan akselerator PEZY-SC2, bersama dengan prosesor Intel Xeon konvensional. Inti sistem 19.860.000 mewakili tingkat konkurensi tertinggi yang pernah tercatat di peringkat super komputer TOP500.

5. Titan


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini titan

Titan adalah sebuah superkomputer yang dibangun oleh Cray di Oak Ridge National Laboratory untuk digunakan dalam berbagai proyek sains. Titan adalah upgrade dari super komputer Jaguar, yaitu sebuah superkomputer sebelumnya di Oak Ridge, yang menggunakan unit pemrosesan grafis (GPU) selain unit pemrosesan sentral konvensional (CPU). Titan adalah hybrid pertama yang melakukan lebih dari 10 petaflops. Upgrade dimulai pada bulan Oktober 2011, memulai pengujian stabilitas pada bulan Oktober 2012 dan mulai tersedia bagi para periset di awal tahun 2013. Biaya awal untuk upgrade adalah sebesar US $ 60 juta, yang didanai terutama oleh Departemen Energi Amerika Serikat.

Titan akan dikalahkan di Oak Ridge oleh Summit pada tahun 2018, yang sedang dibangun oleh IBM dan memiliki lebih sedikit node dengan kemampuan GPU yang jauh lebih besar per node serta cache data non-volatile per-node yang tidak stabil dari file paralel sistem.

Baca juga : Manusia tertinggi di dunia hingga 200 cm padahal baru berumur 11 tahun

Titan menggunakan CPU AMD Opteron bersamaan dengan GPU Nvidia Tesla untuk meningkatkan efisiensi energi sambil memberikan urutan peningkatan daya komputasi atas Jaguar. Menggunakan 18,688 CPU yang dipasangkan dengan jumlah GPU yang sama untuk tampil di puncak teoritis 27 petaflops; Dalam benchmark LINPACK yang digunakan untuk menentukan kecepatan superkomputer, dilakukan pada 17.59 petaflops. Ini cukup untuk menempati posisi pertama dalam daftar November 2012 oleh organisasi TOP500, namun Tianhe-2 menyusulnya pada daftar Juni 2013.

Titan tersedia untuk tujuan ilmiah; akses tergantung pada pentingnya proyek dan potensinya untuk memanfaatkan arsitektur hibrida. Setiap program yang dipilih juga harus dieksekusi pada superkomputer lain untuk menghindari ketergantungan tunggal pada Titan. Enam program pelopor pertama dipilih. Mereka kebanyakan berurusan dengan model fisika skala molekul atau iklim, sementara 25 lainnya antri di belakang mereka. Dimasukkannya GPU memaksa penulis untuk mengubah program mereka. Modifikasi biasanya meningkatkan tingkat paralelisme, mengingat GPU menawarkan lebih banyak benang simultan daripada CPU. Perubahan sering menghasilkan kinerja yang lebih baik bahkan pada mesin CPU saja.

Titan, sistem Cray XK7 berusia lima tahun yang dipasang di Laboratorium Nasional Oak Ridge Departemen Energi (DOE), dan masih merupakan sistem terbesar di AS, tergelincir ke nomor lima. dengan kecepatan 17,59 petaflopsnya merupakan hasil akselerator GPU NVIDIA K20x.

6. IBM sequoia


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini ibm sequoia

IBM Sequoia adalah supercomputer Blue Gene / Q petascale yang dibangun oleh IBM untuk Administrasi Keamanan Nuklir Nasional sebagai bagian dari Advanced Simulation and Computing Program (ASC). Ini dikirim ke Laboratorium Nasional Lawrence Livermore (LLNL) pada tahun 2011 dan telah diluncurkan pada bulan Juni 2012.

Pada tanggal 14 Juni 2012, Komite Proyek TOP500 mengumumkan bahwa Sequoia mengganti komputer K sebagai superkomputer tercepat di dunia, dengan kinerja LINPACK 17,17 petaflops, 63% lebih cepat dari super komputer 10,51 petaflops, memiliki 123% lebih banyak core daripada komputer K 705.024 core Sequoia juga lebih hemat energi, karena mengkonsumsi 7,9 MW, 37% lebih rendah dari komputer K sebesar 12,6 MW.

Pada tanggal 17 Juni 2013, Sequoia turun ke posisi # 3 di peringkat TOP500, di belakang Tianhe-2 dan Titan. Pada Juni 2016, itu tergelincir lagi, ke posisi keempat di peringkat TOP500. Pada bulan Juni 2017, ia tergelincir lagi, ke posisi kelima di peringkat TOP500.

Baca juga : Film india terbaru yang paling populer sekarang ini

Aplikasi sains memecahkan rekor telah dijalankan di Sequoia, yang pertama kali meloloskan 10 petaflops dari kinerja yang berkelanjutan. Kerangka simulasi kosmologi HACC mencapai hampir 14 petaflops dengan landasan patokan 3.6 triliun, sementara kode Cardioid, yang memodelkan elektrofisiologi jantung manusia, mencapai hampir 12 petaflops dengan simulasi real-time yang dekat.

Seluruh komputer super berjalan di Linux, dengan CNK berjalan di lebih dari 98.000 node, dan Red Hat Enterprise Linux berjalan pada 768 I / O node yang terhubung ke filesystem Luster.

Sekarang ini Sequoia menduduki posisi urutan peringkat nomor enam dalam daftar super komputer tercepat di dunia dengan kecepatan 17,17 petaflops.

7. Trinity


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini trinity

Sistem nomor tujuh yang baru adalah Trinity, supercomputer Cray XC40 yang dioperasikan oleh Laboratorium Nasional Los Alamos dan Sandia National Laboratories. Baru-baru ini diupgrade dengan prosesor Intel "Knights Landing" Xeon Phi, yang mendorongnya dari 8,10 petaflops enam bulan yang lalu ke kecepatan saat ini yaitu 14,14 petaflops.

8. Cori Cray XC40


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini cori cray xc40

Cori Cray XC40 adalah superkomputer multiprosesor massively yang diproduksi oleh Cray. Terdiri dari prosesor Intel Haswell Xeon, dengan akselerator NVIDIA Tesla atau Intel Xeon Phi opsional, dihubungkan bersama oleh interkoneksi "Aries" milik Cray, yang tersimpan dalam kabinet berpendingin udara atau berpendingin cairan.Supercomputer seri XC tersedia dengan aplikasi data Cray DataWarp I / O accelerator.

Cori, superkomputer Cray XC40, dipasang di National Energy Research Scientific Computing Center (NERSC), sekarang merupakan komputer super tercepat kedelapan di dunia. Simpul prosesor 1.630 Intel Xeon "Haswell" dan 9.300 node Intel Xeon Phi 7250 menghasilkan hasil HPL sebesar 14,01 petaflops.

9. Oakforest-PACS


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini oakforest-pacs

Pada 13.55 petaflops, Oakforest-PACS, Fujitsu PRIMERGY CX1640 M1 dipasang di Joint Center for Advanced High Performance Computing di Jepang, adalah sistem nomor sembilan. Ini juga didukung oleh prosesor Intel "Knights Landing" Xeon Phi.

10. K computer


Super komputer tercepat dan tercanggih di dunia saat ini k-computer

Komputer K - dinamai untuk kata Jepang "kei" (京), yang berarti 10 quadrillion (1016) - adalah sebuah superkomputer yang diproduksi oleh Fujitsu, yang saat ini dipasang di Riken Advanced Institute for Computational Science campus di Kobe, Prefektur Hyōgo, Japan.The K komputer didasarkan pada arsitektur memori terdistribusi dengan lebih dari 80.000 node yang digunakan. Ini digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk penelitian iklim, pencegahan bencana dan penelitian medis. [6] Sistem operasi komputer K didasarkan pada kernel Linux, dengan driver tambahan dirancang untuk menggunakan perangkat keras komputer.

Baca juga : Artis korea tercantik paling h00000t !!!!

Pada bulan Juni 2011, TOP500 menempatkan K superkomputer tercepat di dunia, dengan kecepatan komputasi lebih dari 8 petaflops, dan pada bulan November 2011, K menjadi komputer pertama yang memiliki 10 petaflops teratas. Ini awalnya dijadwalkan selesai pada bulan Juni 2012. Pada bulan Juni 2012, K digantikan sebagai superkomputer tercepat di dunia oleh IBM Sequoia Amerika.

Pada Juni 2017, K komputer sekarang menduduki posisi peringkat nomor 10 dengan kecepatan 10,51 petaflops. Kinerjanya berasal dari 88.000 core prosesor SPARC64 yang dihubungkan oleh Fujitsu's Tofu interconnect. Meskipun menampilkan kesepuluh pada HPL, K Computer adalah sistem peringkat teratas pada benchmark High-Performance Conjugate Gradients (HPCG).
×