skip to main content

Tanggal Rilis & Fitur Baru Android Oreo

Ditulis Oleh Pada


Android telah meluncurkan versi terakhir Android 8.0, yang sekarang dikenal dengan nama Oreo. Kami menjelaskan fitur baru yang masuk ke ponsel atau tablet Android Anda.

Apa yang disebut Android 8.0?


Sistem operasi Google Android selalu dinamai sesuai suguhan manis, dan dalam urutan abjad. Sejauh ini kami sudah memiliki Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich , Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow dan Nougat. Update OS terbaru adalah Oreo.

Kapan tanggal rilis Android Oreo?


Google meluncurkan Pratinjau Pengembang Android O pada bulan Maret 2017, menjelang Konferensi Pengembang Google I / O Mei-nya. Sejak saat itu kami memiliki berbagai beta publik, dan hari ini - 21 Agustus 2017 - Google telah mengumumkan versi finalnya.

Google akan mulai meluncurkan pembaruan OTA ke perangkat Pixel dan Nexus segera, namun saat ini hanya mendorong Oreo ke Android Open Source Project (AOSP) bagi produsen lain untuk mulai mengerjakan pembaruan mereka sendiri. Mereka yang ada di versi beta publik juga akan diperbarui ke versi final mulai hari ini.

Google menyatakan: "Kami mendorong sumber ke Android Open Source Project (AOSP) untuk diakses setiap orang. Pengembangan Pixel dan Nexus 5X / 6P telah memasuki pengujian operator, dan kami berharap dapat segera meluncurkan secara bertahap, bersama dengan Pixel C Dan Nexus Player.

"Kami juga telah bekerja sama dengan mitra kami, dan pada akhir tahun ini, pembuat perangkat keras termasuk Essential, General Mobile, HMD Global Home dari Nokia Phones, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp dan Sony. Dijadwalkan untuk meluncurkan atau meng-upgrade perangkat ke Android 8.0 Oreo.

"Setiap perangkat yang terdaftar dalam Android Beta Program juga akan menerima versi final ini."

Kami akan memperbarui artikel ini saat versi final mulai diluncurkan ke perangkat Google OTA. Sementara itu, Anda dapat menginstal Android Oreo melalui beta publik jika Anda memiliki perangkat yang kompatibel.

Fitur baru apa yang masuk ke Android O?


  • 2x lebih cepat untuk boot up
  • Meminimalkan aktivitas aplikasi latar belakang
  • IsiOtomatis mengingat login aplikasi
  • Gambar di Gambar memungkinkan Anda melihat dua aplikasi sekaligus
  • Titik-titik pemberitahuan dengan cepat menunjukkan apa yang baru, dan bisa digesek dari layar
  • Peluncuran Android Instan diluncurkan di browser Anda tanpa penginstalan
  • Google Play Protect memindai aplikasi agar perangkat dan data Anda tetap aman
  • Meningkatkan daya tahan baterai
  • Mendesain ulang emoji library dengan lebih dari 60 emoji baru

Android O berfokus pada 'pengalaman dan vitalitas fluida', dengan fitur baru yang menonjol selama penampilan publik pertamanya di Google I / O 2017 termasuk gambar dalam gambar (mode multi-windowing), titik notifikasi (tekan lama pintasan aplikasi untuk melihat notifikasi Di sana di layar).

Ada juga autofill (seperti di Chrome tapi sekarang ada di aplikasi), dan Smart Text Selection (secara otomatis mengenali nama, alamat dan nomor telepon sehingga Anda tidak perlu bermain-main dengan pegangan seleksi; ini juga dapat menyarankan aplikasi yang relevan).

Android O jauh lebih ramping dari pada Nougat dengan berbagai optimisasi OS. Intinya, menurut Google, adalah perangkat booting dua kali lebih cepat dan semua aplikasi berjalan lebih cepat dan lebih lancar secara default.

Pada subjek aplikasi, Google juga memperkenalkan Play Protect, yang memasang setiap aplikasi berdasarkan per perangkat untuk menjaga agar hal-hal tetap aman.

O juga menambahkan 'batasan bijak' untuk proses latar belakang seperti pelacakan lokasi agar secara bijaksana menjaga penggunaan baterai pada tingkat yang wajar.

Ada banyak lagi perubahan yang masuk ke OS, termasuk hal-hal seperti menu Settings yang didesain ulang dan Project Treble - yang terakhir pada intinya memastikan semua pengguna mendapatkan update OS Android lebih cepat.

Notifikasi di Android O


Banyak fitur baru yang memperhatikan pemberitahuan, dan di Android O, kami akan melihat saluran pemberitahuan yang dapat disesuaikan pengguna sehingga lansiran dikelompokkan menurut jenisnya. Pengguna akan dapat menunda notifikasi, dan devs dapat menetapkan batas waktu pemberitahuan untuk waktu istirahat. Juga dapat disesuaikan dengan warna latar belakang notifikasi, dan gaya perpesanan.

Di Google I / O 2017, kami mengetahui tentang titik pemberitahuan - bila Anda memiliki notifikasi, sebuah titik kecil muncul di pintasan untuk aplikasi itu. Tekan lama pintasan aplikasi dan Anda akan dapat melihat notifikasi di sana tanpa menarik bilah pemberitahuan drop-down:

Android Oreo : Tanggal Rilis & Fitur Baru

Seleksi Teks Pintar


Android O akan dapat mengenali nama, alamat dan nomor telepon - beberapa jenis informasi yang paling banyak disalin - jadi Anda tidak perlu lagi memutar-mutar dengan tangkai teks (secara otomatis akan memilih bagian teks yang benar). Serta kontrol copy dan paste yang biasa, Android O juga dapat menyajikan saran aplikasi yang relevan untuk bagaimana Anda dapat menggunakan data tersebut.

Batas latar belakang


Di Android Nougat Google memperkenalkan kemampuan untuk membatasi aktivitas aplikasi tertentu di latar belakang, dan di Android O, hal itu meningkatkan hal ini dengan menempatkan prioritas pada memperpanjang masa pakai baterai tanpa masukan pengguna.

Kerangka IsiOtomatis yang Disempurnakan


Kami sebelumnya pernah melihat bukti otomatis di Chrome, dan dengan Android O Google membawanya ke aplikasi. Pengguna harus memilih layanan ini, namun kemudian akan merasa lebih mudah untuk mengisi formulir informasi login dan kartu kredit dengan sedikit kesalahan dan pengulangan lebih sedikit.

Mode Picture-in-Picture


Picture-in-picture (mode multi-windowing), yang sudah tersedia di Android TV, akan masuk ke Android O.

Android Oreo : Tanggal Rilis & Fitur Baru

Ini cukup pintar untuk meminimalkan video yang disematkan di Chrome. Ini harus layar penuh, tapi kemudian Anda tekan tombol home dan berubah ke gambar kiri atas. Hak di atas adalah gambar yang diperluas yang Anda dapatkan dari penyadapan.

Ketuk dan tahan memungkinkan Anda menyeretnya ke manapun di layar.

Peningkatan kontrol keyboard


Android O tidak akan dibatasi pada ponsel, jadi akan ada navigasi panah dan tab navigasi yang lebih baik untuk saat digunakan dengan keyboard fisik.

Ikon adaptif


Ikon di Android O akan mendukung efek visual dan bisa ditampilkan dalam berbagai bentuk pada perangkat yang berbeda.

Penyempurnaan konektivitas


Wi-Fi Aware akan memungkinkan aplikasi dan perangkat terdekat untuk menemukan dan berkomunikasi melalui Wi-Fi tanpa jalur akses internet. Kami juga akan melihat peningkatan dukungan Bluetooth untuk audio berkualitas tinggi melalui codec LDAC Sony, dan cara baru untuk memanggil aplikasi pihak ketiga untuk bekerja sama satu sama lain dan dengan fitur khusus operator jaringan Anda.

Dukungan multi-display


Menariknya, Android O akan dapat mendukung beberapa tampilan, memungkinkan pengguna untuk memindahkan aktivitas ke satu layar ke layar berikutnya.

Pengelolaan data cache yang lebih baik


Setiap aplikasi akan memiliki kuota penyimpanan untuk data cache, dan ketika sistem perlu membebaskan ruang disk, data akan menghapus data dari aplikasi yang menggunakan kuota yang dialokasikan lebih dari kuota yang dialokasikan.

Fitur perusahaan baru


Google mengatakan telah membuat mode pengelolaan pemilik profil dan pengelola pemilik lebih hebat, produktif dan lebih mudah diatur daripada sebelumnya, dengan sorotan termasuk kemampuan untuk menggunakan profil terkelola pada perangkat milik perusahaan dan manajemen perusahaan untuk enkripsi berbasis file.

Anda dapat membaca tentang pembaruan baru yang masuk ke Android O secara lebih rinci di situs Pengembang Android.

Kami sudah mengetahui beberapa fitur yang dihadapi pengguna yang masuk ke Android O berkat tip off dari VentureBeat, meskipun tidak ada konfirmasi bahwa mereka akan berhasil mencapai final.

Salin Kurang


Fitur ini diharapkan dapat mempermudah penyalinan teks dari satu aplikasi dan menempelkannya di aplikasi yang lain dengan memberikan saran di aplikasi kedua mengenai jenis yang akan Anda ketik berdasarkan apa yang Anda lakukan di aplikasi sebelumnya. VentureBeat memberi contoh untuk menemukan restoran di aplikasi Yelp, lalu membuka percakapan teks, mulai mengetikkan 'Ada di' dan nama restoran muncul sebagai istilah yang disarankan. Saat ini belum jelas apakah itu akan menjadi fitur baru pada keyboard virtual Gboard atau dipanggang ke Android itu sendiri.

Membuka alamat di Google Maps


Saat ini tidak mungkin untuk berbagi lokasi Anda saat ini di Android seperti di iOS, namun menurut VentureBeat ada beberapa perubahan baru yang membuat berurusan dengan alamat lebih mudah. Jika Anda mengeklik alamat dalam pesan teks, di Android N tidak ada apa-apa selain di Android O yang bisa membuka alamat itu di Google Maps. Dikatakan bahwa belum diketahui apakah ini hanya berfungsi di aplikasi Pesan Google, atau di semua aplikasi perpesanan di Android O.

Gerakan yang ditingkatkan


Hari ini Anda dapat dengan cepat menghubungi kontak Anda menggunakan Ok Google, namun di Android O Anda dapat menggambar di layar huruf C untuk membuka menu kontak Anda. Ini mirip dengan apa yang telah kita lihat di banyak telepon berbahasa China - kemampuan dalam mode siaga menarik layar sebuah huruf dan membuka aplikasi pilihan Anda - meskipun ini harus bekerja saat layar dinyalakan dan dalam aplikasi apa pun. Fitur ini mungkin belum siap pada waktunya untuk Android O, namun sumbernya memperingatkan.

Kapankah ponsel saya mendapatkan Android O?


Ponsel dan tablet Google selalu yang pertama mendapatkan pembaruan sistem operasi baru, namun Google tidak akan mendukungnya selamanya. Pembaruan keamanan disediakan selama tiga tahun setelah rilis perangkat, atau 18 bulan setelah dikeluarkan dari Google Play Store (mana yang lebih lama).

Jadi, misalnya, Nexus 5X dan Nexus 6P akan didukung oleh Google sampai bulan September 2017, yang berarti mereka akan mendapatkan Android Nougat dan Android O. tahun ini. Nexus 9 dan Nexus 6 keduanya didukung hingga Oktober 2016, yang berarti Update ke Android Nougat tapi tidak Android O.

Perangkat Nexus yang lebih lawas tidak akan ditingkatkan versinya.

Google telah mengatakan akan segera meluncurkan pembaruan ke perangkat Pixel dan Nexus yang kompatibel dan kami akan memperbarui artikel ini saat kami memiliki tanggal yang pasti.

Jika Anda memiliki ponsel andalan terbaru dari pembuat terkenal seperti Sony, Samsung, HTC, LG, atau Motorola, kemungkinan Anda akan melihat pembaruan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

Google sudah mengeluarkan kode AOSP untuk produsen lain untuk memulai, dan mengatakan perangkat dari Essential, General Mobile, Rumah Global HMD dari Ponsel Nokia, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp dan Sony akan diluncurkan. Atau perbarui perangkat yang menjalankan Android 8.0 Oreo.

Namun, sebelum Anda bisa mendapatkan update baik produsen perangkat keras dan operator seluler harus siap untuk menggulungnya, yang bisa memperlambat segala sesuatunya.

Atau, paling tidak, itulah yang selalu terjadi di masa lalu. Menjelang Google I / O perusahaan mengumumkan Project Treble, yang pada intinya memudahkan produsen meluncurkan kembali pembaruan sistem operasi kepada pelanggan lebih cepat.

Dalam promosi Moto G4 Plus, Motorola telah mengatakan akan menerima Android Nougat dan Android O. OnePlus juga telah mengkonfirmasi update akan datang ke OnePlus 3, 3T dan 5.

Jika Anda menjalankan model mid-range atau budget, kemungkinan besar Anda tidak akan pernah mendapatkan Android O. Fragmentasi OS Android masih menjadi masalah, dan pada hitungan terakhir pada 8 Agustus 2017 masih ada perangkat yang menjalankan Gingerbread (melalui Pengembang Android) .

Android Oreo : Tanggal Rilis & Fitur Baru

Apa lagi yang dikabarkan untuk masa depan sistem operasi Android?


Pintar drag dan drop


Google baru-baru ini mendapatkan hak paten untuk bentuk drag and drop baru yang memungkinkan Anda berbagi konten antar aplikasi. Anda mungkin, misalnya, menyeret alamat dari pesan teks dan memasukkannya ke Maps, atau foto diteruskan langsung ke Foto.

Android Oreo : Tanggal Rilis & Fitur Baru

Android Andromeda


Andromeda adalah sistem operasi Google yang pada dasarnya adalah mash-up Chrome OS dan Android dan telah dikabarkan selama kita bisa mengingatnya.

Ketika Hiroshi Lockheimer men-tweet pada akhir September, acara Google di bulan Oktober akan sama berkesannya dengan yang di antaranya Google mengumumkan Android (bukan kata-katanya yang tepat - lihat di bawah), internet menjadi gila mencoba menebak apa yang mungkin bisa dilakukan untuk menjamin Hype.

Satu-satunya saran logis adalah Andromeda, tapi tentu saja yang sebenarnya kami dapatkan adalah ponsel 'Made by Google' pertama.

Kami mengumumkan versi 1 Android 8 tahun yang lalu hari ini. Saya punya perasaan 8 tahun dari sekarang kita akan berbicara tentang 4 Oktober 2016.
- Hiroshi Lockheimer (@lockheimer) 24 September 2016

Namun, Andromeda masih dituduh menggunakan kartu tersebut, dan Polisi Android meyakinkan kami bahwa Andromeda adalah hal yang sebenarnya dan bukan isapan jempol dari banyak imajinasi kreatif penggemar Google.

Ini menunjuk pada laporan Wall Street Journal bahwa Google bermaksud untuk melipat dua sistem operasi menjadi satu untuk lebih sesuai dengan berbagai platform perangkat keras. Ini akan membuka pintu ke sektor pasar baru di mana Google sebelumnya telah mencoba dan gagal: dunia laptop yang menguntungkan.

Menurut WSJ Andromeda tidak akan dirilis sampai akhir 2017.
×