skip to main content

Apa Itu Dedicated Server ? Pengertian Dan Definisi Dedicated Server Adalah

Ditulis Oleh Pada


Dalam bisnis hosting Web, dedicated server mengacu pada penyewaan dan penggunaan eksklusif komputer yang mencakup server Web, perangkat lunak terkait, dan koneksi ke Internet, bertempat di tempat perusahaan web hosting.

Apa Itu Dedicated Server ? Pengertian Dan Definisi Dedicated Server Adalah

Server khusus biasanya dibutuhkan untuk situs Web (atau kumpulan situs perusahaan terkait) yang dapat mengembangkan lalu lintas yang cukup banyak - misalnya, situs yang harus menangani hingga 35 juta klik per hari. Server biasanya dapat dikonfigurasi dan dioperasikan dari jarak jauh dari perusahaan klien.

Perusahaan web hosting mengklaim bahwa penggunaan dedicated server di tempat mereka menghemat koneksi router, internet, sistem keamanan, dan biaya administrasi jaringan.

Dalam menyewa dedicated server, perusahaan klien mungkin diminta untuk menggunakan sistem komputer tertentu atau mungkin ditawarkan pilihan beberapa sistem. Beberapa penyedia host mengizinkan perusahaan klien untuk membeli dan menginstal server komputernya sendiri di lokasi penyedia host, sebuah layanan yang dikenal sebagai colocation.

Biasanya, dedicated server disewakan yang menyediakan jumlah memori, ruang hard disk, dan bandwidth (disini berarti jumlah gigabyte data yang bisa dikirimkan setiap bulannya). Beberapa perusahaan hosting memungkinkan penyewa dedicated server untuk melakukan virtual hosting, pada gilirannya menyewa layanan di server ke pihak ketiga untuk situs Web mereka. Kemampuan sistem nama Domain, e-mail, dan File Transfer Protocol (FTP) biasanya disertakan dan beberapa perusahaan menyediakan antarmuka kontrol yang mudah digunakan.
×