skip to main content

10 Universitas Terbaik Di Dunia Tahun 2019 Saat ini

Ditulis Oleh Pada


Mana saja universitas yang merupakan universitas terbaik di dunia 2019 saat ini ? Apakah anda masih bingung memilihnya mana yang terbaik ? “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” , pasti kalimat barusan tidak asing kan terdengar ditelinga kalian? Yup, that’s right, itu adalah petuah Arab yang disampaikan kepada para penuntut ilmu agar mereka sungguh-sungguh dalam mencari ilmu.

Sebenarnya, kita tidak diharuskan untuk menuntut ilmu ke negeri Cina juga sih sebab nyatanya ada begitu banyak universitas terbaik di dunia yang bisa dijadikan opsi menuntut ilmu. Apa saja sih daftar universitas terbaik di dunia yang dapat kamu masuki? Berikut ini beberapa universitas terbaik di dunia 2019 menurut "Centres for World University Rankings (CUWR)".

Berikut Ini Adalah Daftar Top 10 Universitas Terbaik Di Dunia Tahun 2019 Saat ini :


1. Harvard University


universitas terbaik di dunia 2019 - harvard university

Universitas ini merupakan universitas terbaik di dunia 2019 nomor 1 saat ini dan juga merupakan salah satu institusi pendidikan tertua yang terdapat di Cambridge, Amerika Serikat. Universitas ini termasuk yang memiliki rangking terbaik diantara berbagai negara di seluruh dunia. Dengan 9 fakultas yang dimilikinya, universitas ini mampu mencetak lulusan yang berkompeten dibidang nya. Ada juga loh alumni-alumni Harvard yang berasal dari Indonesia, salah satu nya adalah Gita Wirjawan yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan RI di era kepresidenan Susilo Bambang Yudoyono.

2. Stanford University


universitas terbaik di dunia 2019 - standford university

Universitas terbaik di dunia 2019 yang ada di urutan nomor dua ini terletak di California, Amerika Serikat. Universitas ini terkenal dengan metode pengajaran serta metode penelitian nya yang bagus. Universitas ini awalnya didirikan oleh Gubernur California Leland Stanford beserta istri nya Jane Stanford. Universitas ini memiliki kegiatan ekstrakulikuler yang menarik yaitu klub polo air yang menjadi salah satu favoritnya.

3. Massachusetts Institute of Technology


universitas terbaik di dunia 2019 - massachusetts institute of technology

Institut ini terletak di kota Cambridge, Amerika Serikat. Kampus ini terkenal dengan jurusan teknologinya dengan total 32 fakultas teknik, dan yang paling kontroversial adalah kampus ini memiliki gedung reaktor nuklir yang sesungguh nya tidak boleh didirikan dikawasan padat penduduk.

4. University of Cambridge


universitas terbaik di dunia 2019 - university of cambridge

Universitas terbaik di dunia 2019 peringkat 4 ini terletak di Inggris yang menyandang predikat sebagai kampus tertua kedua di negeri Ratu Elizabeth. Kampus ini didirikan oleh sarjana yang dikabarkan merupakan lulusan Universitas Oxford. Yang terkenal dari kampus ini selain pendidikannya adalah fakta bahwa University of Cambridge telah memenangkan beberapa kali penghargaan Nobel.

5. University of Oxford


universitas terbaik di dunia 2019 - university of oxford

Kampus ini adalah kampus tertua di Inggris yang seringkali mencetak sarjana hebat. Beberapa sumber menyatakan bahwa kampus ini selalu memiliki sejarah persaingan cukup ketat dengan University of Cambridge dalam pengembangan sumber daya dan ilmu pengetahuan.

6. Columbia University


universitas terbaik di dunia 2019 - columbia university

Universitas ini adalah salah satu universitas terbaik di dunia 2019 yang dikenal sebagai pemimpin bidang ilmiah, humanitas, hukum, kedokteran, teknik sipil dan dan bisnis. Kampus yang terletak di New York, Amerika Serikat ini memang terkenal sebagai kampus pencetak petinggi handal seperti Barrack Obama atau Mikhail Saakhasvii.

7. University of California, Berkeley


universitas terbaik di dunia 2019 - university of california

Kampus ini terletak di kota San Fransisco, Berkeley California. Kampus ini terkenal dengan berbagai penelitian mengenai virus polio, serta beberapa penelitian di bidang kimia lainnya.

8. University of Chicago


universitas terbaik di dunia 2019 - university of chicago

Universitas terbaik di dunia 2019 nomor 9 ini terletak di Chicago, Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1890 oleh John D Rockerfelle. Kampus ini memiliki 14 jurusan fakultas yang dapat dipilih serta fasilitas yang lengkap, dari asrama, laboratorium, kantin , lapangan klub dan banyak lagi lain nya.

9. Princeton University


universitas terbaik di dunia 2019 - princeton university

Universitas ini terletak di New Jersey, Amerika Serikat. Kampus ini secara resmi bernama Princeton University pada tahun 1896, kampus ini memiliki beberapa riset penelitian di Bidang Fisika.

10. Cornell University


universitas terbaik di dunia 2019 - cornel university

Universitas ini adalah universitas terbaik di dunia 2019 nomor 10 yang berada di New York, Amerika Serikat. Universitas ini memiliki 7 fakultas untuk tingkat sarjana serta 6 fakultas untuk pascasarjana dan ahli profesi. Kampus ini mampu melahirkan para tokoh yang ahli dalam bidang nya seperti Bapak Umar Kayam yang menjadi sosiolog handal sekaligus guru besar di salah satu Universitas Negeri yaitu Universitas Gadjah Mada.

Nah itu tadi beberpa review dari kami mengenai universitas terbaik di dunia 2019 guys, kalau kamu merasa berminat dan memiliki kemampuan yang cukup tidak ada salah nya mencoba loh.

×